Ketua Bawaslu DKI Jakarta Mimah Susanti menyebut kampanye negatif merupakan akar dari kampanye hitam. Untuk itu, dia meminta agar kampanye seperti itu dihindari.

"Kalau kampanye hitam di UU Pasal 69 kan jelas, kalau kampanye negatif kan ada dugaan mengarah kepada adu domba, mengarah kepada fitnah, mengarah kepada menghasut," kata Mimah kepada wartawan di Jakarta Pusat, Sabtu (1/4/2017).

Sedangkan KPU DKI Jakarta menilai persaingan dalam kampanye negatif bisa saja bermanfaat bagi publik karena bernilai fakta. "Inilah realitas politik dalam pemilihan. Tidak boleh atas nama kenyamanan ditutup-tutupi," kata Komisioner KPU DKI Jakarta Dahliah Umar di tempat yang sama.Agen PokerV

Tentang adanya perbedaan itu, Mimah mengaku tidak jadi masalah. Menurutnya, perbedaan pendapat itu boleh-boleh saja.


Baca Juga : Kekinian, Ahok main #Flipbottlechallenge


"Kenapa Bawaslu tegas mengatakan bahwa sebaiknya kampanye negatif dihindari walaupun itu fakta. Apakah semua fakta itu tidak dilarang, belum tentu. Bawaslu boleh berbeda dengan KPU," ujar Mimah.

Di sisi lain, founder Lembaga Survei KedaiKOPI Hendri Satrio menyebut ada 3 penyebab kampanye hitam. "Ada tiga penyebab black campaign. Yang pertama, simulasi dari situasi pendahulu; yang kedua, paslon atau kandidat terkait sedang terdesak; kemudian yang ketiga, persepsi hasil akhir yang tidak menguntungkan paslon itu," ucap Hendri.


Emmy Hafild sempat beradu mulut dengan Mardani Ali Sera. Emmy, yang merupakan anggota tim sukses Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat, menyebut Anies Baswedan-Sandiaga Uno tak pernah benar-benar meminta agar kampanye SARA dihentikan.Poker Online Terpercaya

Namun hal itu langsung direspons Mardani, yang merupakan ketua tim pemenangan Anies-Sandiaga. Mardani merasa tudingan bahwa Anies-Sandiaga berada di balik kampanye SARA adalah nol besar.

Awalnya, Mardani menanggapi soal kampanye hitam dan negatif hasil temuan Bawaslu. Tiba-tiba Emmy memotong dengan menyebut Anies-Sandiaga tidak pernah mengimbau simpatisannya menghentikan kampanye hitam berunsur SARA.

"Tidak pernah secara terbuka Anies-Sandi itu mengatakan pada pendukungnya stop kampanye SARA. Tidak pernah, bahkan kemarin 313," ucap Emmy, yang dipotong lagi oleh Mardani, dalam diskusi di Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat.

"Mbak Emmy tidak bisa membuktikan. Orang-orang yang mendukung kita siapa yang memfitnah," ucap Mardani.

Perdebatan semakin panas. Keduanya kemudian saling tunjuk tim sukses siapa yang paling banyak membuat kampanye hitam. Hingga Emmy menyebut, "Anda ini yang musang berbulu ayam!" ucap Emmy kepada Mardani.

Perdebatan ini kemudian dilerai oleh Pangeran Ahmad Nurdin sebagai pembawa acara. Hal ini kemudian ditanggapi oleh tokoh muda Golkar, Ahmad Doli Kurnia.

"Saya rasa Bawaslu harus catat itu (sebagai pelanggaran kampanye hitam)," kata Doli sambil mengisyaratkan kepada Ketua Bawaslu DKI Jakarta Mimah Susanti, yang juga hadir.

Dalam acara ini, hadir pula Ketua Pokja Kampanye KPUD DKI Jakarta Dahliah Umar dan Hendri Satrio. Bandar Poker Online
Share To:

Unknown

Post A Comment:

0 comments so far,add yours