Rahayu Surtiati selaku ahli bahasa yang didatangkan tim kuasa hukum mengatakan bahwa ucapan Ahok, "dibohongi pakai Surat Al-Maidah", tidak berarti ada kebohongan dalam surat Al-Maidah.

"Al Maidah itu tidak berbohong, hanya dijadikan alat untuk membohongi. Jadi, ada orang yang menggunakan Al Maidah 51 untuk membohongi orang lain," kata guru besar linguistik di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia itu.

Pernyataan itu, tambah Rahayu, diungkapkan Ahok berdasarkan pengalaman pribadinya. Ini terungkap dari permulaan kalimat Ahok, "Saya mau cerita..." Agen BandarQ

"Itu berdasarkan fakta, bahwa surat Al-Maidah digunakan untuk membohongi orang supaya menang (pemilihan)," katanya dalam sidang yang dipimpin hakim Dwiharso Budi Santiarto.




Saksi ahli bahasa dari Universitas Mataram, Lombok, Profesor Mahyuni, dalam pernyataan Ahok saat program panen ikan di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu yang menjadi objek dakwaan penistaan agama, Al Maidah 51 diposisikan sebagai "sumber kebohongan atau alat yang digunakan untuk membohongi".

"Jelas, (pernyataan Ahok itu) statemen, klaim, bahwa selama ini ada orang yang membohongi menggunakan Al Maidah," kata Mahyuni saat menjawab pertanyaan majelis hakim dalam sidang kesepuluh Ahok di Jakarta, Senin (13/1).Poker Online Terpercaya

Dalam pernyataannya di Pulau Pramuka, Ahok mengatakan bahwa, "... Kan bisa saja dalam hati kecil, bapak, ibu enggak bisa pilih saya karena dibohongi pakai surat Al Maidah 51 macam-macam itu. Itu hak bapak, ibu."

Menurut Mahyuni, "maknanya adalah dengan itu ada pihak yang melakukan pembohongan menggunakan sumber yang dianggap bohong. (Al Maidah) bisa jadi sumber, bisa jadi alat kebohongan," kata Mahyuni, sebagaimana dilaporkan wartawan BBC, Isyana Artharini.\


Bocoran Keterangan Ahli Bahasa Prof. Rahayu Pada sidang ahok ke - 15







"Dari bahasa yang bisa kita rasakan atau cerna, ada orang yang membohongi dan ada yang dibohongi dan Al Maidah dianggap sebagai sumber kebohongan," tambah Mahyuni.

"Ketika pilihan kata digunakan, kita yakin yang bersangkutan meyakini itu. Mentalnya sudah meyakini itu sebagai sumber kebohongan, apalagi digunakan power use, siapa berbicara kepada siapa," kata Mahyuni.Bandar Poker Online

Dalam sidang kali ini pengacara juga menghadirkan dua saksi ahli lainnya yaitu Ahmad Ishomuddin sebagai ahli agama dari PBNU Jakarta dan Djisman Samosir, ahli hukum pidana dari Fakultas Hukum Universitas Katolik Parahyangan, Bandung.

Sebagaimana yang sudah-sudah, persidangan yang berlangsung di Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan itu ditandai aksi dukungan dan penentangan.

Sejumlah pendukung maupun penentang Ahok sudah berdatangan sejak pagi, dengan peralatan dan mimbar unjuk rasa masing-masing

Sebelum pemeriksaan saksi, majelis hakim menyatakan akan mengusahakan agar sidang diselenggarakan dua kali sepekan agar cepat selesai. Ada batasan dari surat edaran Mahkamah Agung agar sidang tidak lebih dari 5 bulan, kata ketua Majelis Hakim, Dwiharso Budi Santiarto

"Sebelum puasa kalau bisa kita sudah putus. Juga gedung ini kan gedung orang, dan kita banyak diprotes masyarakat karena macet dan sebagainya."
Share To:

Jesslyn Huang

Post A Comment:

0 comments so far,add yours